Mengenai Saya

Foto saya
malang, jawa timur, Indonesia
anak cewek sekolah di smp negri di malang, lahir dan tinggal di malang,minat sma smua hal2 yang berguna, menyenangkan, suka ssuatu yg lucu, imut, suka berbagi ilmu...

Minggu, Oktober 04, 2009

Pengaruh Letak Indonesia

Pengaruh Letak Indonesia

 Berdasarkan Geografis

Pengaruh posisi geografis terhadap kehidupan di Indonesia, yaitu sebagai berikut :
a) Iklim tropis yang bersifat lembab
Indonesia mempunyai tipe iklim tropis lembab karena curah hujan rata-rata pertahunnya yang relatif tinggi. Namun, ada juga daerah-daerah di Indonesia yang mempunyai curah hujan rendah. Contohnya daerah padang rumput di Nusa Tenggaradan Sulawesi Tengah.

b) Bertiupnya angin muson
Angin muson adalah gerakan massa udara yang terjadi karena pengaruh perbedaan tekanan udara antara benua dan lautan. Proses angin muson di Indonesia sangat dipengaruhi oleh Benua Asia dan Benua Australia dan dua Samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.
Angin muson barat di Indonesia bergerak dari arah Asia menuju Australia melalui Samudra Hindia. Angin muson barat ini menyebabkan terjadinya musim penghujan di wilayah Indonesia pada bulan Oktober-April.
Angin muson timur di Indonesia bergerak dari arah Australia menuju Asia melalui Indonesia. Angin muson timur ini menyebabkan terjadinya musim kemaraudi wilayah Indonesia pada bulan April-Oktober.

 Berdasarkan Astronomis

Pengaruh letak Astronomis terhadap kehidupan di Indonesia, yaitu sebagai berikut :
a) Wilayah Indonesia berada di zona iklim tropis
b) Wilayah Indonesia terbagi menjadi tiga daerah waktu, yaitu sebagai berikut :
• Waktu Indonesia bagian barat (WIB), berbatasan dengan garis 105 BT. Wilayahnya melipiuti Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat (GMT +7 jam).
• Waktu Indonesia bagian tengah (WITA), berbatasan dengan garis 120BT. Wilayahnya meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi (GMT +8 jam).
• Waktu Indonesia bagian timur (WIT), berbatasan dengan garis 135BT. Wilayahnya meliputi Maluku dan Papua (GMT +9 jam).





 Berdasarkan Geologis

Letak geologis ialah letak suatu daerah atau negara berdasarkan struktur batu-batuan yang ada pada kulit buminya. Letak geologis Indonesia dapat terlihat dari beberapa sudut, yakni dari sudut formasi geologinya, keadaan batuannya, dan jalur-jalur pegunungannya.

Dilihat dari formasi geologinya, kepualauan Indonesia dibagi kedalam tiga zona geologi (pertemuan tiga lempeng lithosfer), yaitu:
 bagian utara berbatasan dengan tameng Asia dan perluasannya ke arah selatan tenggelam di bawah permuakaan air laut, yang dikenal dengan Paparan Sunda (disebut Lempeng Asia)
 bagian barat dan selatan dibatasi oleh “Benua Gondwana” yang terdiri dari India, dasar Samudera Hindia, Australia, dan perluasaannya ke arah utara tenggelam di bawah permuakaan air, yakni pada Paparan Sahul (disebut Lempeng Indo-Australia)
 bagian timur dibatasi oleh dasar Samudera Pasifik (disebut Lempeng Dasar Samudera Pasifik yang meluas ke arah barat daya).

Dataran Indonesia Timur (Paparan Sahul) memiliki jenis batuan sama dengan batuan di Benua Australia. Daerah peralihan antara kedua dataran tersebut disebut Daerah Wallacea.

Dilihat dari jalur-jalur pegunungannya, Indonesia terletak pada pertemuan dua rangkaian pegunungan muda, yakni rangkaian Sirkum Pasifik dan rangkaian Sirkum Mediterania. Oleh karena itu, di Indonesia:
 terdapat banayk gunung berapi yang dapat menyuburkan tanah,
 sering terjadi gempa bumi, dan
 terdapat bukti-bukti tersier yang kaya akan barang tambang, seperti minyak bumi, batu bara, dan bauksit

Selain itu pengaruh letak geologis di Indonesia, yaitu sebagai berikut :
 Indonesia dilalui barisan gunung berapi
 Di Indonesia sering terjadi gempa tektonik
 Indonesia memiliki mineral yang berlimpah

 Berdasarkan Ekonomi

Letak ekonomis adalah letak suatu Negara ditinjau dari jalur dan kehidupan ekonomi Negara tersebut terhadap Negara lainnya. Letak ekonomis Indonesia sangat baik. Karena terlrtak antara Benua Asia dan Banua Australia.

Selain itu beberapa tempat di sekitar Indonesia merupakan pusat lalu lintas perdagangan seperti Singapura dan Kuala Lumpur. Negara tetangga Indonesia tersebut membutuhkan hasil-hasil pertanian dan hasil pertambangan yang banyak dihasilkan di Indonesia. Kemungkinan Indonesia menjadi pusat pasar duniayang besar sehingga banyak Negara industry yang menanamkan modalnya di Indonesia.
 Berdasarkan Maritim

Letak maritime adalah letak suatu tempat ditinjau dari sudut kelautan. Letak maritime Indonesia sangat baik sebab wilayahnya yang berbentuk kepulauan dikelilingi oleh tiga lautan besar, yaitu:
 Bagian timur Indonesia berhadapan dengan Samudra Pasifik
 Bagian selatan Indonesia berhadapan dengan Samudra Hindia
 Bagian utara Indonesia berhadapan dengan Laut China Selatan

Letak maritime yang demikian membawa keuntungan bagi Indonesia, yaitu sebagai berikut :
 Adanya usaha atau kegiatan di bidang pelayaran, perikanan serta pelabuhan di wilayah Indonesia
 Indonesia mempunyai potensi ekonomi besar untuk dikembangkan
 Indonesia mempunyai posisi posisi penting dalam percaturan politik di dunia

 Berdasarkan Kultur Historis

Letak kultur historis atau sosiokultural adalah letak berdasarkan keadaan social dan budaya daerah yang bersangkutan terhadap daerah di sekeliling Indonesia. Indonesia secara sosiaogeografis-kultural, terletak di perempatan jalan antara Benua Asia dan Australia yang terdiri dari berbagai bangsa. Hal ini menyebabkan terjadinya akulturasi budaya. Islam serta unsur-unsur budayanya di Nusantara merupakan hasil akulturasi antara budaya Islam dengan Hindu-Buddha yang lebih dulu ada di Nusantara.

Secara sosiokultural, Indonesia mempunyai banyak kesamaan umum dengan Negara-negara tetangga. Contohnya : sama-sama merupakan Negara berkembang, sama-sama sedang menghadapi masalah ledakan penduduk, sama-sama berlandaskan kehidupan beragama, dan lain-lain

7 komentar: